Apa itu Jenis Lantai Epoxy dan Perbedaanya

Apa itu Lantai Epoxy? & Apa Saja Jenis Pelapis Lantai Epoxy?

Ketika datang untuk memilih sistem lantai baru untuk keperluan industri, pelapis lantai garasi, atau permukaan luar ruangan lainnya, lantai resin epoxy benar-benar menonjol dari opsi lantai lain karena berbagai alasan. Epoxy lantai, juga dikenal sebagai lantai resin, sangat tahan lama, dapat disesuaikan, berkelanjutan, dan dekoratif untuk permukaan apa pun. Yang paling menarik untuk lantai epoxy adalah ketahanannya terhadap tingkat keausan yang tinggi, menjadikannya pilihan lantai yang paling tahan lama. Jika Anda mempertimbangkan lantai resin epoxy, berikut adalah penjelasan tentang bahan dasar lantai epoxy, jenis resin epoxy yang berbeda, dan tempat menggunakan jenis sistem lantai epoxy tertentu.

Apa itu Epoxy?

Aspek utama pelapis epoxy adalah bahwa secara kimiawi berbeda dari cat lantai biasa. Lantai resin terdiri dari sistem epoxy dua bagian – kombinasi resin polimer dan pengeras, seperti lem epoxy. Ketika dicampur dengan benar, resin epoxy dan pengeras bereaksi satu sama lain menghasilkan ikatan kimia dengan setiap senyawa dan dengan lantai itu sendiri. Ikatan kimiawi menciptakan bahan plastik kaku yang tahan lama, tahan terhadap degradasi, dan terikat dengan sangat baik pada substratnya.

Baca Juga :

Apa itu Epoxy Lantai?

Definisi lantai epoxy yang paling jelas menunjukkan permukaan lantai yang terdiri dari beberapa lapisan epoxy yang diaplikasikan pada lantai dengan kedalaman setidaknya dua milimeter. Kebingungan biasanya muncul saat membandingkan lantai epoxy dan pelapis lantai epoxy. Perbedaan antara keduanya terletak pada kedalaman epoxy – seperti yang disebutkan, lantai epoxy diklasifikasikan sebagai lapisan epoxy dengan ketebalan setidaknya dua milimeter. Setiap lantai epoxy kurang dari dua milimeter biasanya disebut sebagai pelapis lantai epoxy.

Jenis Lantai epoxy & Tempat Menerapkannya:

Lantai epoxy yang Meratakan Sendiri: epoxy yang meratakan sendiri digunakan untuk mengaplikasikan pada lantai beton baru, lama, retak, atau rusak untuk menciptakan tekstur yang halus, tahan lama, dan rata pada permukaan lantai. Lantai epoxy self-leveling tidak hanya memberikan tampilan yang mengkilap dan mulus tetapi juga tersedia dalam berbagai warna yang menarik bagi ruang komersial, industri, dan hunian.

  • Tempat Menggunakan Lantai epoxy Perataan Sendiri: gedung manufaktur, gudang, ruang pamer, garasi komersial, dapur, fasilitas atletik, dan banyak lagi.

Lantai epoxy Mortar: Opsi lantai ini diklasifikasikan sebagai sistem epoxy lantai paling ketat yang tersedia untuk digunakan. Lantai epoxy ini terbuat dari 100% epoxy padat dan pasir bergradasi atau kuarsa. Sistem mortir ideal untuk ruangan yang membutuhkan lantai yang sangat tahan bahan kimia dan dapat menahan banyak benturan. Lantai epoxy ini dapat digunakan untuk memperbaiki retakan sebelum mengaplikasikan lantai epoxy jenis lain.

  • Tempat Menggunakan Epoxy Mortar Floors: ruang mekanis, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, pabrik.

Lantai epoxy Berisi : Lantai Kuarsa epoxy kuarsa adalah kombinasi dari resin polimer epoxy berkinerja tinggi dan butiran kuarsa bernoda. epoxy ini harus digunakan untuk ruang dekoratif yang membutuhkan sifat sanitasi dan anti selip.

  • Tempat Menggunakan Lantai epoxy Isi Kuarsa: ruang loker, toilet, sekolah, kafetaria, lobi, kantor, ruang pamer, dan banyak lagi.

Lantai epoxy Anti-Statis (Lantai Tahan Pengisian Listrik Statis (ESD)): ESD dapat berbahaya bagi banyak lingkungan kerja. Untuk mengurangi bahaya statis di ruangan Anda, lantai epoxy anti-statis dapat diterapkan. Lantai epoxy ini biasanya menampung senyawa konduktif yang mengakumulasi listrik statis yang menghilangkan potensi pelepasan. Solusi anti-statis adalah lantai epoxy yang sangat direkomendasikan untuk ruangan yang mengandung bahan yang mudah terbakar.

  • Tempat Menggunakan Lantai epoxy Anti-Statis: fasilitas manufaktur elektronik, kimia, atau farmasi, fasilitas perawatan kesehatan, atau ruangan apa pun yang menggunakan gas atau cairan yang mudah terbakar yang membawa risiko penumpukan debu yang mudah terbakar.

Lantai epoxy Flake: Jenis lantai epoxy ini mengandung bahan serpihan berwarna yang dimasukkan ke dalam epoxy untuk menciptakan tampilan multi-warna yang hidup. Serpihan tidak hanya menawarkan tampilan yang mulus tetapi juga memberikan setiap permukaan alur yang halus untuk mengurangi slip dan jatuh. Lantai serpihan epoxy hadir dalam berbagai ukuran, warna, gaya, dan tekstur tak terbatas yang dapat disesuaikan untuk ruang apa pun.

  • Tempat Menggunakan Epoxy Flake Floors: ruang loker, tempat olahraga, ruang pamer, klinik, dapur komersial, dan banyak lagi.

Epoxy Lantai adalah solusi kimia serbaguna yang praktis, tahan lama, sangat tahan terhadap benturan, dan dapat disesuaikan untuk ruang apa pun. Apakah Anda membutuhkan pintu masuk yang elegan ke restoran atau membutuhkan permukaan yang keras untuk menahan pekerjaan industri – ada sistem lantai epoxy yang tepat untuk ruangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *